Makanan Bergizi Cegah Penyakit Langganan Anak

Di usia enam bulan, bayi mulai mengonsumsi makanan lain selain ASI. Makanan pendamping ASI (MPASI) harus diberikan untuk membantu menyiapkan saluran cerna bayi, untuk kesiapan oromotorik (alat gerak mulut) bayi, serta untuk kebutuhan gizi yang akan membuatnya sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Bayi usia enam bulan ke atas, membutuhkan makanan yang mengandung sumber karbohidrat (beras, jagung, ubi, atau pasta), protein dari lemak dan hewan (ikan, unggas, telur), protein dan lemak dari tumbuhan (kacang-kacangan, tahu, tempe), serta serat dan vitamin mineral yang bisa ditemukan pada sayur dan buah.

Setelah lewat satu tahun, anak bisa mengonsumsi makanan keluarga. Artinya, apa yang terhidang di meja makan juga bisa disantapnya. Apa saja yang dibutuhkan supaya tubuhnya sehat? “Semakin meningkat usia, kebutuhan pun makin banyak,” jelas Dr. Pauline Endang Praptini, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinis dari RS Fatmawati, saat menyampaikan workshop Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS).

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang dalam jumlah cukup, diharapkan bisa menjadi tameng dari dalam tubuh untuk menangkal berbagai penyakit langganan anak. Berikut cara makanan bergizi mencegah penyakit langganan anak:

1. Energi, tenaga yang berasal dari makanan yang dikonsumsi seperti karbohidrat, protein, lemak. Kebutuhan tersebut berbeda-beda dipengaruhi berat badan, tinggi badan, usia, dan aktivitas.

2. Protein, sebagai zat pembangun pembentukan sel darah, perbaikan kerusakan sel, membentuk imunitas tubuh, pembentuk hormon dan enzim. Diperoleh dari protein hewani (ikan, ayam, daging sapi, susu, telur). Dan protein nabati dari kacang-kacangan, tempe, dan tahu.

3. Lemak, penghasil energi terbesar. Sebagai bahan pembentukan sel baru dan kolesterol. Seperti minyak kelapa sawit, susu (jenuh), mentega (lemak trans), dan tak jenuh misalnya alpukat, minyak jagung, ikan salmon, gindara, kakap.

4. Karbohidrat sederhana dianjurkan hanya 5 persen dari energi total seperti gula pasir, gula batu, gula jawa, dan madu. Sementara karbohidrat kompleks mengandung serat seperti beras, sereal, umbi-umbian, sayur dan buah.

5. Serat yang larut dalam air dan bersifat sebagai prebiotik. Fungsinya, memberi nutrisi sel usus untuk mencegah diare atau sembelit. Sedangkan serat tak larut adalah serat yang tidak larut dalam air, memperbesar volume feses, mempermudah proses pembuangan, dan mencegah munculnya wasir.

6. Air tergantung usianya. Usia 4-6 tahun dibutuhkan sekitar 1.500 ml/hari, usia 13-15 tahun 2.000 ml/hari. Semakin tinggi usianya makin banyak air yang dikonsumsi.
Makanan Bergizi Cegah Penyakit Langganan Anak Makanan Bergizi Cegah Penyakit Langganan Anak Reviewed by ian bhomert on 10:03 AM Rating: 5

No comments: