Kuliner Budae Jigae Terinspirasi dari Perang Korea

Memiliki hidangan yang cukup beragam, membuat kuliner Korea tak ada habisnya untuk dijelajah. Telah hadir kuliner bernama budae jigae yang disajikan oleh restoran Mujigae.

Menurut Adhie Putra Tawakal, Marketing Manager Mujigae, hidangan yang termasuk dalam kategori rebusan ini memiliki sejarah yang cukup unik untuk dikenalkan kepada masyarakat penggemar budaya dan kuliner K-Pop.

Budae jigae hadir tak lepas dari sejarah perang saudara antara Korea Selatan dengan Korea Utara yang berpaham komunis pada tahun 1950-an.

"Saat perang terjadi, ada kelangkaan makanan. Karena di sana ada pangkalan militer Amerika Serikat (AS), akhirnya para tentara memanfaatkan bahan makanan punya militer AS, seperti sosis, beef luncheon atau daging burger dan makaroni untuk dimasak," jelas dia dalam temu media, Jumat (21/10/2016) di Mujigae Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.

Oleh sebab itu, tak heran Budae Jigae dilengkapi bahan makanan khas Barat. Budae sendiri punya arti militer dan jigae berarti rebusan.

Dalam satu porsi Budae Jigae, Anda bisa menikmati kombinasi ramyun atau mie, sosis, beef luncheon atau daging burger dan makaroni, tahu sutera dan aneka macam sayuran bersama dengan sup unik yang khas.

Sup atau kuah hidangan ini punya cita rasa pedas yang berasal dari gochujang, yakni bumbu dapur yang dibuat dari bubuk cabai dan kacang. Sedangkan rasa asam berasal dari kimchi, acar fermentasi khas Korea.

Hidangan ini disajikan dengan hot pot di atas api menyala. Sehingga sangat nikmat saat disantap selagi hangat. Budae jigae juga bisa disantap bernama nasi putih hangat, sesuai dengan kebiasaan orang Indonesia yang senang makan nasi.

Tertarik mencicipi hidangan satu ini? Anda sudah bisa mendapatkannya di selurih restoran Mujigae dengan harga Rp46.364 saja.

sumber : suara.com
Kuliner Budae Jigae Terinspirasi dari Perang Korea Kuliner Budae Jigae Terinspirasi dari Perang Korea Reviewed by Mardianto Official on 1:18 AM Rating: 5

No comments: